PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE KERJA KELOMPOK DI KELAS V SEKOLAH DASAR

Main Authors: Manurung, Melihar, ., Margiati, Asran, Mastar
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2015
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/12911
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/12911/11698
Daftar Isi:
  • Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam menentukan KPK dan FBP dikelas V SD Negeri 28 Selimus. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan bentuk penelitian adalah PTK. Subjek penelitian yaitu guru dan siswa kelas V SD Negeri 28 Selimus yang berjumlah 8 orang. Teknik pengumpulan data adalah teknik langsung dan alat pengumpul data yaitu lembar observasi, (IPKG I & IPKG II) dan hasil belajar siswa. Data tersebut dianalisis dengan perhitungan rata-rata. Hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 60 dan pada siklus II nilai rata-rata 77 dengan peningkatan 17. Pencapaian KKM yaitu 65 pada siklus I siswa yang tuntas 2 orang atau 25% dan pada siklus II sebanyak 6 orang atau 75% dengan peningkatan 25%. Dengan menggunakan metode kerja kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 28 Selimus. Kata Kunci :Hasil Belajar, Metode Kerja Kelompok Abstract: This srudy aimed to describe improving student learing outcomes in determining KPK and FPB class V SDN 28 Selimus. This research uses the method description and PTK is research shapes. Subject of research: teachers and students of class V SDN 28 Selimus that add up to 8 people. Data collection techniques are techniques of data collection tools and direct that observation sheets, (IPKG I & IPKG II) and student learning outcomes. The data were analyzed with the calculation of the average. Student learning outcomes on cycle I gained an average score of 65, and in cycle II, the average value of 77 with increased 17. Achievement of the KKM is 65 cycles I students who complete 2 or 25% and in cycle II, as many as 6 people or 75% with an increase of 8. Using the mothod of grup work can improve student learning outcomes in elementary fifty grade V SDN 28 Selimus. Keywords: Results Of The Study, Group Work Method.