PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA MODEL KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION DI SEKOLAH DASAR

Main Authors: Almuniar, ., ., Syamsiati, Uliyanti, Endang
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2015
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/12878
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/12878/11670
Daftar Isi:
  • Abstrak: Tujuan utama penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V1 dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan menggunakan pembelajaran kooperative model group investigation di Sekolah Dasar Negeri 03 Dawar. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Hasil rata rata observasi hasil belajar siswa pada pelajaran IPA dengan menggunakan kooperatif model group investigation pada siklus 1 adalah 56,75% dan pada siklus II adalah 86,28% hal ini dapat terlihat adanya peningkatan hasil belajar siswa sebesar 29,53% dari pembelajaran sebelumnya Sedangkan pada indeks prestasi kinerja guru pada siklus I sebesar 3,45 dan pada siklus II adalah 3,8 terjadi adanya peningkatan sebesar 0,35. Dari pengamatan secara keseluruhan proses pembelajaran menggunakan kooperatif group investigasi meningkat dengan kategori tinggi. Kata kunci: hasil belajar, IPA, kooperatif, group investigation. Abstraction: Especial Target of this research is to improve result learn class student of V1 in study of Natural Sciences by using study of kooperative model investigation group in Elementary School Country 03 Dawar. Method which in using in this research is descriptive. Result flatten to flatten observation result of learning student at Iesson of IPA by using co-operative model investigation group [at] cycle 1 is 56,75% and at cycle of II is 86,28% this matter earn seen the existence of the make-up of result learn student equal to 29,53% from previous study While at performance achievement index learn at cycle of I equal to 3,45 and at cycle of II is 3,8 happened the existence of the make-up of equal to 0,35. From perception as a whole process study use co-operative of group the investigation of mounting with high category. Keyword: result learn, Sciences, co-operative, investigation group.