PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK KELAS V SD

Main Authors: Taher, Eva Silvia, Marli, Suhardi, ., Suryani
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2015
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/12868
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/12868/11661
Daftar Isi:
  • Abstrak: Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPA menggunakan Pendekatan Saintifik di kelas V SDN 31 Pontianak Barat? Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar siswa dengan Pendekatan Saintifik.penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan bentuk penelitian tindakan kelas, dan sifat penelitian adalah kolaboratif. Penelitian ini dilakukan sebanyak 3 siklus. Hasil penelitian yang diperoleh motivasi siswa dari siklus I yaitu 62,12%, siklus II yaitu 73,99% mengalami peningkatan sebesar 11,87%, dan pada siklus III yaitu 82,07% mengalami peningkatan sebesar 8,08%. Dengan dilaksanakannya pendekatan saintifik pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Kata Kunci : Motivasi Belajar, Pendekatan Saintifik, IPA Abstract: The research problem is how is the increasing of students motivation in learning natural sciences material in the fifth grade of SDN 31 West Pontianak by using Scientific Approaching?. The research purpose is to describe the increasing of students motivation by using Scientific Approaching. Method of this research is descriptive, by using classroom action research, collaborative. This research is alone three circles. Research result is students motivation of the first is 62,12%, the second circle is 73,99% got increased 11,87% and the three circles is 82, 07% got increased 8,08%. The concluding, by using Scientific Approaching it seems that students motivation increased. Keywords: Students Motivation, Scientific Approaching, IPA