KEMAMPUAN MEMAHAMI TEKS NONSASTRA SISWA MTs
Main Authors: | Kusumawati, ., ., Syambasril, Ramdani, Deden |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/12864 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/12864/11658 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa kelas VII MTs Al-Muhajirin Kecamatan Sungai Melayu Rayak Kabupaten Ketapang tahun pembelajaran 2015/2016 dalam memahami teks nonsastra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dan bentuk penelitianya kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh populasi dijadikan sampel sebanyak 42 siswa. Hasil analisis data yang diperoleh pada setiap tingkat pemahaman yaitu pada tingkat pemahaman literal diperoleh hasil 88.57 kategori “Baik Sekali”, pada tingkat pemahaman inferensial 75.59 kategori “Cukup”, pada tingkat pemahaman kritis diperoleh hasil 82.85 kategori “Baik”, dan yang terakhir pada tingkat pemahaman kreatif diperoleh hasil 81.97 kategori “Baik”. Berdasarkan keempat aspek pemahaman tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam memahami teks nonsastra diperoleh hasil keseluruhan 3492 dengan rata-rata 83.14286 kategori “Baik”. Kata Kunci: Kemampuan, Memahami, Teks Nonsastra Abstract: This study aims to determine the ability of seventh grade students of MTs Al-Muhajirin Melayu Sungai Ketapang Rayak learning year 2015/2016 in understanding non-literature text. This research is quantitative and the method used in this research is descriptive method. The sample in this study is the entire population sampled as many as 42 students. Results of analysis of data obtained at each level of understanding that is at the level of literal understanding of the results obtained 88.57 category of "Very Good", at the level of understanding of inferential 75.59 category "Enough", at the level of critical understanding of the results obtained 82.85 categories "Good", and the latter at the level 81.97 creative understanding obtained results categories "Good". The fourth aspect is based on the understanding it can be concluded that the ability of the students in understanding the overall results obtained non-literature text 3492 with an average of 83.14286 category of "Good". Keywords: Ability, Understanding, Non-Literature Text