PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MEDIA POHON BILANGAN DI SEKOLAH DASAR
Main Authors: | Lafu, Oktaviana, Margiati, K. Y., Halidjah, Siti |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/12794 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/12794/11604 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Penelitian ini bertujuaan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 02 Sekendal dalam pembelajaran Matematika. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi langsung, pencermatan dokumen dan dokumen hasil belajar. Pada siklus I siswa yang tuntas 5 orang siswa dari 10 orang siswa atau presentase ketuntasan sebesar 50% dan yang belum mencapai ketuntasan 50% dengan nilai rata-rata 76,00. Pada siklus II terdapat peningkatan hasil belajar dengan ketuntasan 100%, nilai rata-rata 96,00 di kategorikan sangat baik. Kata Kunci: Pembelajaran Matematika, Media Pohon Bilangan Abstract: This research aims to improve the learning outcomes of students in grade two public elementary schools 02 Sekendal in mathematics. The method used is descriptive method. Data collection techniques used are direct observation, scrutiny of documents and documents learning outcomes. In the first cycle students who completed five students from ten students or completeness percentage of 50% and yet achieve mastery of 50% with an average value of 67,00. In two cycles there is an increasing mastery of learning outcomes by 100%, the average value of 96,00 categorized very well. Keywords: Mathematics, Media Tree Numbers