PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SIMULATION PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA DI SMA

Main Authors: Zulkarnaen, ., Asriati, Nuraini, Purwaningsih, Endang
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2015
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/12790
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/12790/11600
Daftar Isi:
  • Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan penerapan model pembelajaran Simulation pada mata pelajaran ekonomi dikelas X IPS 3 SMAN 3 Pontianak. Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah penelitian eksperimen.Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Simulation dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dari penilaian aktivitas siswa kelas eksperimen sebesar 81,29% dan rata-rata persentase aktivitas siswa kelas kontrol sebesar 56,4% dan pencapaian nilai rata-rata siswa serta jumlah siswa yang mencapai batas ketuntasan. Pada kelas eksperimen nilai rata-rata sebesar 83,82 dengan persentase ketuntasan 76,47% sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 71,57 dengan persentase ketuntasan sehingga 31,42%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Simulation dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X IPS 3 SMAN 3 Pontianak. Kata Kunci : Simulation, aktivitas, Hasil Belajar. Abstract: This study aims to improve the activity and student learning outcomes by using the application of learning models Simulation on economic subjects in class X IPS 3 SMAN 3 Pontianak. This type of research conducted by researchers is a research experiment. The results showed that the application of learning models Simulation can increase the activity and student learning outcomes. This is evident from the experimental class student activity assessment by 81.29% and the average percentage of student activity control class is 56.4% and the achievement of the average value of students as well as the number of students who reach the limit of completeness. In the experimental group the average value of 83.82 by 76.47% while the percentage of completeness average value control class is 71.57 with the percentage of completeness that 31.42%. It can be concluded that the application of learning models Simulation can increase the activity and results of class X student IPS 3 SMAN 3 Pontianak. Keywords: Simulation, activity,Learning Outcomes.