PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE INKUIRI KELAS IV SD

Main Authors: Juniati, ., Kresnadi, Hery, Asran, Mastar
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2015
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/12783
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/12783/11594
Daftar Isi:
  • Abstrak: Tujuan umum penelitian ini secara umum untuk mendiskripisikan peningkatan hasil belajar IPA di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 21 Sibo Sarikan. Metode yang di gunakan Metode Deskritif dengan rancangan Penelitian Tindakan Kelas pendahuluan, Perencanaan, Pelaksanaan Tindakan, Pengamatan dan Refleksi. untuk memperoleh refleksi awal, tahap perencanaan dilaksanakan menentukan prosedur tindakan menentukan sumber data, menentukan bahan tindakan, menentukan bentuk pengamatan tindakan, tahap pelaksanaan dilakukan secara kolaborator antara peneliti dan guru berupa data proses data hasil tindakan yang diperoleh dari pengamatan langsung. instrumen utama dalam penelitian ini peneliti sendiri bertindak sebagai pengumpul data instrumen penunjang berupa tugas LKS dan daftar nilai berdasarkan materi sub masalah. Pembelajaran IPA mengalami peningkatan 66,67% meningkat menjadi pada sklus I, pada siklus II mengalami peningkatan 91,6% dengan demikian skor rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I dikategorikan rendah kemudian pada siklus II dikategorikan meningkat. Kata Kunci : Hasil Belajar, Metode Inkuiri, IPA Abstract: The general objective of this research in general to describe the learning outcome in the fourth grade science State Elementary School 21 Sibo Sarikan. The method in use Descriptive method with preliminary design of a Class Action Research, Planning, Implementation Measures, Observation and Reflection. to obtain early reflections, the planning phase carried out decisive action procedures to determine the source of data, determine the material acts, determine the shape of the observation of action, the implementation phase conducted collaborators between researchers and teachers in the form of a data process result data obtained by the action of direct observation. The main instrument in this study the researchers themselves act as a data collection instrument of support in the form of worksheets and a list of value assignments based on the material sub-problems. Learning IPA increased 66.67% increase to the sklus I, on the second cycle increased 91.6% thus the average score of student learning outcomes in the first cycle categorized as low and then at the second Cycle Categorized Increases. Keywords: Results of Study, Methods of Inquiry, IPA