PENERAPAN METODE LATIHAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR
Main Authors: | Mardiana, Elia, ., K.Y. Margiati, Halidjah, Siti |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/12777 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/12777/11589 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VI SDN 10 Ngabang dengan menggunakan metode latihan terbimbing pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskritif. kemampuan guru melaksanakan pembelajaran bahasa Indonesia mengalami peningkatan dari siklus I dengan skor total 14,39 dan skor rata-rata 3,59 meningkat pada siklus II dengan skor total 15,11 dan skor rata-rata 3,78. Kemampuan membaca pemahan siswa kelas VI SDN 10 Ngabang meningkat dengan diterapkan nya metode latihan terbimbing dari siklus I dengan jumlah 2200 dan skor rata-rata 59,49 meningkat pada siklus II dengan jumlah 2390 dan skor rata-rata 64.59, jadi peningkatan nya adalah 5,1. Kata Kunci: Metode Latihan Terbimbing, Kemampuan Membaca Pemahaman Abstract: The aim of this study is to improve students' reading comprehension class VI SDN 10 Ngabang training method of guided learning Indonesian. The method used in this research is descriptive method. The research activities carried out in 2 cycles, the ability of Indonesian teachers plan learning has increased from the first cycle with a total score of 1.88 and an average score of 2.77 increased in the second cycle with a total score of 17.39, and the average score . The ability to read pemahan sixth grade students of SDN 10 Ngabang increase with applied his method of practice guided from the first cycle to the number 2200 and the average score of 59.49 increased in the second cycle the number 2390 and the average score of 64.59, so its increase was 5, 1. Keywords: Guided Training Methods, Reading Comprehension.