PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN TIPE JIGSAW SEKOLAH DASAR

Main Authors: Delita, ., Asran, Mastar, Kresnadi, Hery
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2015
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/12776
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/12776/11588
Daftar Isi:
  • Absrak: Tujuan umum penelitian ini yaitu mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 11 Sejowet Rantau, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif, bentuk penelitan adalah PTK, bersifat kolaboratf, subjek penelitian adalah siswa kelas V dan guru sebagai peneliti, prosedur pelaksanaannya perencanaan,pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I nilai rata- rata sebesar 73.33 dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 89.17, selisih peningkatan hasil belajar siswa dari siklus 1 dan sklus II sebesar 15,84. Dengan demikian skor rata- rata hasil belajar siswa pada Siklus 1 dalam kategori cukup baik dan pada siklus II dalam kategori baik. Kata Kunci: Pembelajaran Matematika, Tipe Jigsaw Abstract: The general objective of this study is to describe the learning outcome fifth grade students of State Elementary School 11 Sejowet Overseas, the method used in this research is descriptive form of research is the PTK, is kolaboratf, the research subjects were fifth grade students and teachers as researchers, procedure implementation planning, action, observation, and reflection. The results showed an increase in student learning outcomes in the first cycle of the average value of 73.33 and the second cycle values obtained an average of 89.17, the difference in improving student learning outcomes of cycle 1 and sklus II at 15.84. Thus the average scores of student learning outcomes in Cycle 1 in the category quite well and the second cycle in both categorie Keywords: Results Learning, Mathematics Learning, Jigsaw Type