PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR

Main Authors: Alberta, ., Halidjah, Siti, Margiyati, KY.
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2015
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/12775
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/12775/11587
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan metode eksperimen pada pembelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar siswa di Sekolah Dasar Negeri 15 Tebedak. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan menggunakan metode eksperimen menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada setiap siklus mengalami peningkatan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil belajar siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata 65,19 atau dengan persentase 40,74%, sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa meningkat dengan nilai rata-rata 81,11 dengan persentase tingkat keberhasilan siswa mencapai 92,59%. Peningkatan hasil belajar siswa tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 15 Tebedak. Kata Kunci: Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, Metode Eksperimen Abstract: This study aimed to describe the use of the experimental method in science teaching to improve student learning outcomes at State Elementary School 15 Tebedak.. The results showed that the learning of Natural Sciences using an experimental method shows that student learning outcomes in each cycle has increased. This study was conducted in two cycles. Student learning outcomes in the first cycle with an average value of 65.19 or with the percentage of 40.74%, while in the second cycle student learning outcomes increased with an average of 81.11 with the percentage of the student success rate reaches 92.59%. Improving student learning outcomes showed that the Natural Sciences learning using the experimental method can improve learning outcomes of fourth grade students of State Elementary School 15 Tebedak. Keywords: Learning Science, Experimental Method