UPAYA PENINGKATAN PELAKSANAAN SHALAT DHUHA MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN
Main Authors: | Assanah, ., ., Yuline, ., Desni |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/12740 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/12740/11545 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki pembelajaran yang dilakukan guru dalam rangka meningkatkan kemampuan anak dalam melakukan praktek shalat dhuha melalui metode demonstrasi pada anak usia 5-6 tahun di TK Islam Al-Ikhwah Pontianak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan bentuk penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus, siklus I sebanyak 3 kali pertemuan siklus II sebanyak 2 kali pertemuan. Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa adanya peningkatan kemampuan praktek shalat dhuha anak pada siklus I sebanyak 40% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 80%. Sesuai hasil penelitian dapat diberikan saran sebagai berikut: 1) Guru hendaknya menggunakan metode demonstrasi dalam pembelajaran shalat dhuha. 2) Guru harus lebih kreatif dan inovatif dalam mengelola pembelajaran khususnya dalam meningkatkan kemampuan praktek shalat dhuha. 3) Guru diharapkan dapat mengembangkan semua aspek pembelajaran dan bukan pada aspek tertentu saja. 4) Guru diharapkan dapat terus mengikuti perkembangan tentang dunia PAUD agar dapat meningkatkan serta mengembangkan kegiatan pembelajaran. Kata Kunci : Praktek Shalat dhuha, Metode Demonstrasi Abstract: This study aims to improve teacher learning is done in order to improve children's ability to perform the prayer practice through demonstrsi method with the help of media images on children aged 5-6 years in kindergarten Islam Al-Ikhwah Pontianak.This study used a descriptive method and form of action research conducted by 2 cycles, the first cycle 3 times as much as the second cycle meeting 2 meetings.Each cycle includes planning, implementation, observation, and reflection. The results of this study concluded that an increase in children's ability to practice prayers on the first cycle by 40% while in the second cycle increased to 80%. As per the results of the study can be given suggestions as follows: 1) The teacher should use the method of demonstration with the help of media images in prayer learning. 2) The teacher must be creative and innovative in managing learning, especially in improving the ability of the practice of prayer. 3) Teachers are expected to develop all aspects of learning and not on a particular aspect. 4) Teachers are expected to keep abreast of developments on the world of early childhood education in order to improve and develop learning activities. Keywords: prayer practice, method demonstration