PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR

Main Authors: Mulyatmi, ., Halidjah, Siti, Kresnadi, Hery
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2015
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/12739
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/12739/11541
Daftar Isi:
  • Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode eksperimen di kelas III SD Negeri 05 Seberang Kapuas. Untuk mencapai harapan ini maka penelitiannya menggunakan metode deskrptif dalam bentuk penelitian tindakan kelas yang berkolaborasi dengan guru dan teman sejawat melalui tahapan-tahapan (siklus) yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Yang menjadi subjek penelitian adalah guru dan siswa berjumlah 22 orang dengan komposisi siswa laki-laki 10 orang dan 12 orang siswi perempuan. Hasil temuannya adalah : 1) Rancangan pembelajaran dari siklus ke siklus, siklus I, II, dan III selalu mengalami peningkatan, siklus I, 2,64; siklus II, 3,33; dan siklus III, 3,60. Demikian juga dengan pelaksanaan pembelajarannya, siklus I, 2,75; siklus II, 2,92; dan siklus III, 3,52. Begitu pula dengan peningkatan hasil belajar siswa mengalami peningkatan, yaitu siklus I, 68,63; siklus II, 78,63; dan siklus III, 89,09 dengan rata-rata 78,53 > 65 ( KKM ). Dengan kata lain melalui Metode Demontrasi hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA kelas III SD Negeri 05 Seberang Kapuas dapat ditingkatkan sesuai RPP dan aplikasinya yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran. Kata Kunci : Metode Eksperimen, IPA, Hasil Belajar. Abstract: This research aims to improve student learning outcomes by using a exsperiment in class III SD Negeri 05 Seberang Kapuas. To achieve these expectations, the research uses descriptive method in the form of classroom action research in collaboration with teachers and peers through the stages (cycles) including planning, implementation, observation, and reflection. Which is the subject of research is the teachers and students are 22 people with the composition of the male students 10 people and 12 female students. Its findings are: 1) The design learning from cycle to cycle, cycle I, II, and III are always increased, cycle I, 2.64; Cycle II, 3.33; and cycle III, 3.60. Likewise, the implementation of learning, I cycle, 2.75; Cycle II, 2.92; and cycle III, 3.52. Similarly, the improvement of student learning outcomes has increased, ie cycle I, 68.63; Cycle II, 78.63; and the third cycle, an average of 89.09 with 78.53> 65 (KKM). In other words, through methods Exsperiment of student learning outcomes in science teaching third grade elementary school 05 Seberang Kapuas can be improved according to RPP and applications Made by teachers in learning. Keywords: Method Exsperiment, Learning science, Improved Learning Outcomes.