PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE KERJA KELOMPOK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR
Main Authors: | Silauwaty, ., Halidjah, Siti, Kresnadi, Hery |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/12732 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/12732/11534 |
Daftar Isi:
- Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pelaksanaan dan hasil pembelajaran matematika dengan menggunakan metode kerja kelompok pada materi menentukan FPB dan KPK satu bilangan dalam bentuk soal ceritadi kelas VI sekolah dasar negeri 21 kumpang ilong, kecamatan belitang hulu kabupaten sekadau tahun peljaran 2015/2016. Metode yang digunakan adalah metode deskritif, dalam hal ini berupa tindakan kelas. Dilakukan sebanyak dua siklus. Hasil siklus satu diperoleh 48,1% dari total siswayang tuntas. Hasil refleksi siklus terungkap bahwa yang aktif melaksanakan diskusi kelompok hanya dua kelompok saja. Menurut observasi agar lebih maksimal hasil belajarnya pada siklus dua sebaiknya seluruh kelompok aktif dalam melakukan diskusi kelompok. Akibatnya pada siklus dua diperoleh 85,1% dari total siswa yang tuntas. Skor rata-rata hasil hasil belajar siswa siklus satu sebesar 58,5 sedangkan pada siklus dua meningkat menjadi 70,1 bearti mengalami peningkatan sebesar 11,6. Dengan demikian skor rata-rata hasil belajar siswa pada siklus satu rendah. Pada siklus dua dikategorikan sedang. Kata kunci : Hasil belajar, Metode Kerja Kelompok Abstract : This study aims to describe the implementation and results of mathematical learning using group work on the material determines the FPB and the Commission of the numbers in the form of a story about a public elementary school sixth grade 21 kumpang ilong, sub Belitang upstream Sekadau the school year 2015/2016. The method used is descriptive method, in this case a class action. Do as much as two cycles. Results of one cycle obtained 48.1% of the total students who completed. Result reflections revealed that the active cycle implement group discussion just two groups. According to observations in order to maximize the results of their study on two cycles of the whole group should actively participate in group discussions. As a result, the two cycles was obtained 85.1% of the total students who completed. The average score of the results of student learning outcomes of the cycle of 58.5, while the two cycle increased to 70.1 shall mean an increase of 11.6. Thus the average score of student learning outcomes in a cycle low. In cycle two being categorized. Keywords: Results Of Learning, Group Work Methods