PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA LINGKUNGAN SEKOLAH DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR

Main Authors: Ngatija, ., Kresnadi, Hery, Halidjah, Siti
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2015
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/12731
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/12731/11533
Daftar Isi:
  • Abstrak : Tujuan penelitian ini secara umum untuk mendapatkan informasi yang akurat untuk meningkkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 06 Peniti.Metode yang digunakan adalah metode interview dokumentasi dan observasi dan dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif dan deskriptif kuantitatif. Terdapat peningkatan aktivitas belajar pada baseline yaitu 30,76 % meninhgkat menjadi 42,30 % pada siklus I, pada siklus II meningkat menjadi 76,92 %.Selisih peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 34,62 %. Dengan demikian skor rata-rata aktivitas siswa pada siklus I dan II dikategorikan sedang. Kata Kunci : Hasil Belajar, Media Lingkungan Sekolah, IPA Abstract : The aim of this study is generally to get accurate information to improve student learning outcomes in science teaching in class IV elementary school 06 Peniti. The method used is interview, documentasi, and observation and analisis deskriptif komparatif and deskriptif kuantitatif method. There is increased activity at baseline study is 30,76 % increased to 42,30 % in the first cycle,the second cycle increased to 76,92 %.Difference improvement from the first cycle to the second cycle of 34,62 %.Thus the average score of students’ learning activities in cycle I and II are categorized being considered. Keywords : Learning Outcomes, Media School, IPA