PENINGKATAN BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE KERJA KELOMPOK DI KELAS IV SDN 16 BALAU NYAWANG

Main Authors: Ajam, ., Asran, Mastar, Margiati, K.Y.
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2015
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/12713
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/12713/11517
Daftar Isi:
  • Abstrak : Tujuan penelitian ini adalah untuk memperbaiki kinerja guru dalam peningkat hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 16 Balau Nyawang. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan sifat penelitian dalam penelitian dalam penelitian ini adalah kolaboratif. Subjek Penelitian yaitu guru dan peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri 16 Balau Nyawang yang berjumlah 16 Orang. Metode Yang di gunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi langsung. Sedangkan alat pengumpul data adalah lembar observasi guru dan hasil siswa. Data yang dikumpulkan tersebut dianalisis dengan perhitungan rata – rata: 1) Pada Kemampuan guru mengajar perencanaan pelaksanaan pembelajaran Matematika menerapkan metode kerja kelompok dengan rata-rata nilai peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu 0,84. 2) Kemampuan guru dalam pelaksanaan pembelajaran Matematika dengan metode kerja kelompok dengan rata-rata nilai peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu 0,18. 3) Penggunaan metode kerja kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan rata-rata nilai peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu 25.63. Kata Kunci: Belajar Matematika, Metode Kerja Kelompok. Abstract: The purpose of this research is to increase teacher’s ability in increasing students achievement in study mathematic in class IV of Elementary school number 16 Balau Nyawang. method of research used is descriptive method in form classroom Action research bi using collaborative. The subject in this research are teacher’s and students class IV of Elementary school 16 students. Technical of this research is direct technical and the tool of collecting data is worksheet of observation for teachers and students the data have been collected is analyzed: 1) in teachers ability in teaching and planning the process of study mathematic with workgroup with the different score from cycles 1 and cycles 2 is : 0.84. 2) Teacher ability in teaching mathematic with group work has different score from cycles 1 and cycles 2 is : 0.18. 3) The using of group work can increase the students achievement with different score from cycles 1 and cycles 2 is : 25.63. Keyword : Study mathematic, Group work method.