PENGUNAAN METODE PENEMUAN DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR

Main Authors: Riyadi, ., Utami, Sri, ., Kartono.
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2015
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/12697
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/12697/11505
Daftar Isi:
  • Abstrak: Hasil belajar siswa selama ini masih dibawah KKM. Tujuan penelitian ini secara umum untuk mendeskrisikan pelaksanaan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas IV berjumlah 7 siswa, 3 siswa laki-laki dan 4 siswa perempuan Sekolah Dasar Negeri 09 Semadu kabupaten Sekadau Tahun pelajaran 2015/ 2016 menggunakan metode penemuan pada materi struktur dan jenis akar. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Bentuk penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas . Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus. Hasil belajar pada siklus I diperoleh rata-rata 58,57 meningkat menjadi 60 pada siklus II. Selisih peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 1,43. Dengan demikian skor rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II dikatagorikan sedang. Kata Kunci: Penerapan, Metode Penemuan, Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran IPA Abstraction: Result learn the student during the time still below/under KKM. this Research Target in general for the mendeskrisikan of execution and result of learning student in study of Natural Sciences in class IV amount to 7 student, 3 men student and 4 student of woman of Elementary School of Country 09 Honey of regency of Sekadau of School year 2015/ 2016 using invention method of at items of structure and type grow on the. Method used by is descriptive method. Form the research of taken is Research of Class Action . Research done/conducted by as much 2 cycle. Result learn at cycle I obtained by mean 58,57 mounting to become 60 at cycle II. Difference of is make-up of result learn the student from cycle I to cycle II of equal to 1,43. Thereby mean score of result of learning student of at cycle of I and cycle of II dikatagorikan is. Keyword: Applying, Invention Method, Result Of Learning Student, Study IPA