PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE KERJA KELOMPOK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR
Main Authors: | Ibnu, ., ., Syamsiati, Sabri, Tahmid |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/12680 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/12680/11490 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan guru merancang, melaksanakan pembelajaran matematika menggunakan metode kerja kelompok yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VI SDN 11 Belitang Sekadau dengan jumlah 25 siswa yang terdiri dari 10 laki-laki dan 15 perempuan. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dalam hal ini berupa tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Hasil siklus 1 diperoleh 72% siswa mendapat nilai tuntas, 28% tidak tuntas dan disiklus 2 terjadi peningkatan perolehan nilai ketuntasan hasil belajar menjadi 92%. Hasil refleksi siklus 1 dan siklus 2 terungkap dengan menggunakan metode kerja kelompok ternyata dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan kategori sangat baik. Kata Kunci: Hasil Belajar, Matematika, Kerja Kelompok Abstract: This Research to depict ability teacher design, executing study mathematics use team-work method able to improve result learn student in class VI SDN 11 Belitang Sekadau with amount 25 student which consist of 10 men and 15 woman. used by method is descriptive method in this case in the form of conducted by class action the two cycle. Result of cycle one obtained by 72% student get complete value, 28% is not complete and cycle two happened the make up acquirement complete value of result learn to become 92%. Result of cycle refleksi one and cycle two expressed by using team-work method in the reality can improve result learn student with category very good Keyword: Result Learn, Mathematics, Team Work