PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA TEKS PERCAKAPAN MENGGUNAKAN METODE LATIHAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SEKOLAH DASAR
Main Authors: | Fitriyani, ., Sabri, Tahmid, ., Syamsiati |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/12675 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/12675/11485 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan membaca teks percakapan siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, melalui penelitian tindakan kelas yang berkolaborasi dengan guru teman sejawat, Subjek penelitiannya guru dan siswa. Penelitian dilakukan melalui tahapan berupa siklus I, II, dan III terdiri perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitiannya diperoleh adalah berhubungan perencanaan siklus I: 2,61, siklus II: 3,01 dan siklus III: 3,59. Hasil yang berhubungan dengan pelaksanaan pembelajaran siklus I : 2,64, siklus II: 3,01 dan siklus III: 3,56; sedangkan hasil belajar di peroleh siklus I: 65,76 siklus II: 69,41 dan siklus III: 79,64. Dengan demikian disimpulkan bahwa: peningkatan keterampilan membaca teks percakapan menggunakan metode latihan pembelajaran kelas V SD Negeri 15 Tapang Sambas mengalami peningkatan, baik rancangan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran maupun hasil belajar dengan harapan hasil penelitian ini dapat dikembangkan pihak sekolah yang sama atau sekolah berbeda, khususnya di sekolah dasar Negeri 15 Tapang Sambas. Kata Kunci : Keterampilan Membaca Teks Percakapan, Metode Latihan Abstract: This study aims to improve the reading skills of students in reading skills of students in learning conversational text Indonesia. Research languages use descriptive method. Through action research in colaboration with colleagues teacher. Subject teacher and students. Research done through the stage in the form of cycle I, II, and III consist of planning, implementation, observation and reflection. The results obtained are planning cycle I 2,61 relationship, cycle II 3,01 and cycle III 3,59. Results related to the implementation of learning cycles I 2,64, cycles II 3,01 and cycles III 3,56 while learning out come obtained cycles I 65,67, cycles II 69, 41 and cycles III 79,64. Thus concluded that: read texts conversation skills enhancement training method teaching 5 th grade 15 Tapang Sambas country has increaded, both learning disign, implementation of learning and learning out come in the hope the results of this research can be developed the same school or school diffrent. Especially in public elementary school is Tapang Sambas. Keywords : Reading Skill Conversational Text, Method of Training