PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PUISI MENGGUNAKAN METODE LATIHAN PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR
Main Authors: | Mariyana, Dina, Sabri, Tahmid, ., Syamsiati |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/12674 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/12674/11484 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan membaca puisi siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, melalui penelitian tindakan kelas yang berkolaborasi dengan guru teman sejawat. Subjek penelitiannya adalah guru dan siswa. Penelitian dilakukan melalui tahapan berupa siklus I, II, dan III terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: berhubungan dengan perencanaan pembelajaran siklus I: 2,59, siklus II: 3,01 dan siklus III: 3,3. Hasil yang berhubungan dengan pelaksanaan pembelajaran siklus I : 2,68, siklus II: 3,01 dan siklus III: 3,32; sedangkan hasil belajar di peroleh siklus I: 71,00, siklus II: 73,21 dan siklus III: 74,81. Dengan demikian disimpulkan bahwa: peningkatan keterampilan membaca puisi menggunakan metode latihan pembelajaran kelas V SD Negeri 18 Pangkin mengalami peningkatan, baik rancangan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran maupun hasil belajar dengan harapan hasil penelitian ini dapat dikembangkan pihak sekolah yang sama atau sekolah berbeda, khususnya di Sekolah Dasar Negeri 18 Pangkin. Kata Kunci: Keterampilan Membaca ,Metode Latihan Abstract: The purpose of this research was to improve students’ skills in reading poem in learning Indonesian. This research used descriptive method, of classroom action research which was collaborated with the counterpart teacher. The subjects of this research was done in some steps of cycle I, II, and III which consisted of plans, action, observation, and reflection. The result of this research was : connected with the lesson plan in cycle I: 2,59, cycle II: 3,01, and cycle III: 3,3 while the result of teaching and learning in cycle I: 71,00, cycle II: 73,21, and cycle III: 74,81. It was concluded that: improving students’ reading poem skill by using learning exercise method grade V of SD Negeri 18 Pangkin was improved, not only the lesson plan, but also learning with the result of this research could be improved by the same or different school, especially for SD Negeri 18 Pangkin.