PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN TEKNIK JIGSAW DI SD

Main Authors: Badroni, ., Sabri, Tahmid, ., Syamsiati
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2015
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/12671
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/12671/11481
Daftar Isi:
  • Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan informasi yang akurat untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas V Sekolah Dasar Negeri 11 SP. I Belitang Sekadau. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Hasil penelitian yang berhubungan dengan rancangan pembelajaran diperoleh dengan rata – rata: Siklus I 2,90, siklus II 3,40 dan siklus III 3,65. Hasil rata – rata temuan pelaksanaan pembelajaran, siklus I 2,97, siklus II, 3,47 dan siklus III 3,95. Sedangkan rata – rata temuan hasil belajar siswa, siklus I 66,84 siklus II 79,47, dan siklus III 93,16. Dengan demikian skor rata – rata hasil belajar siswa meningkat pada siklus I sedang, sedangkan di siklus II dan III dikategorikan baik. Kata Kunci: Hasil belajar, IPA, Teknik Jigsaw Abstract: This Research Target in general to get the accurate information to increase result of learning student in study IPA class V of Elementary School Country 11 SP. I Belitang Sekadau. By method used is descriptive method. Result of research which deal with study device got horizontally - flatten the: Cycle I 2,90, cycle II 3,40 and cycle III 3,65. Result average score the finding of study execution, cycle I 2,97, cycle II, 3,47 and cycle III 3,95. While average score of the finding result of learning student, cycle I 66,84 cycle II 79,47, and cycle III 93,16. Thereby average score the result learn the student mount cycle I, cycle of II and III categorized goodness. Keyword: Result the learn, IPA, Technique Jigsaw