PENINGKATAN AKTIVITAS PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR

Main Authors: Shalihatun, Siti, Syukri, M., Sabri, Tahmid
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2015
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/12536
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/12536/11377
Daftar Isi:
  • Abstrak: Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas peserta didik dalam pembelajaran IPA di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 14 Rasau Jaya. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Terdapat peningkatan dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran, siklus I yaitu 67,86%, siklus II yaitu 87,5%. Peningkatan sebesar 19,64%, kategori rendah. Dalam melaksanakan pembelajaran, siklus I yaitu 71,67%, siklus II yaitu 96,67%. Peningkatan sebesar 25%, kategori sedang. Aktivitas fisik peserta didik pada siklus I yaitu 86,66%, siklus II yaitu 95,55%. Peningkatan sebesar 8,89% kategori rendah. Aktivitas mental peserta didik pada siklus I yaitu 57,33%, pada siklus II yaitu 78%. Peningkatan sebesar 20,67% kategori rendah. Aktivitas emosional peserta didik pada siklus I yaitu 82,22%, pada siklus II yaitu 92,22%. Peningkatan sebesar 10% kategori rendah. Kata Kunci: Aktivitas Peserta Didik, Demonstrasi, IPA Abstract: The general objective of this study was to determine the increase in the activity of students in the fourth grade science teaching in State Elementary School 14 Rasau Jaya. The method used is descriptive method. There is an increase in planning the implementation of learning, ie 67.86% the first cycle, the second cycle is 87.5%. An increase of 19.64%, lower category. In carrying out the study, which is 71.67% the first cycle, the second cycle is 96.67%. An increase of 25%, the medium category. Physical activity of students in the first cycle is 86.66%, the second cycle is 95.55%. An increase of 8.89% lower categories. Mental activity of students in the first cycle is 57.33%, the second cycle is 78%. An increase of 20.67% lower categories. Emotional activity of students in the first cycle is 82.22%, the second cycle is 92.22%. An increase of 10% lower categories. Keywords: Activity Learners, Demonstration, IPA