AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN METODE KERJA KELOMPOK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR
Main Authors: | Punin, ., ., Marzuki, ., Kaswari |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/12528 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/12528/11370 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tentang aktivitas belajar peserta didik dalam pembelajaran Tematik menggunakan metode kerja kelompok di kelas III SD Santa Monika Sungai Raya.Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif. Bentuk penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas dengan sifat penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi langsung. Penelitian ini dilakukan II siklus. Hasil rata-rata aktivitas fisik peserta didik pada siklus 1: 62,86% dan siklus II: 83,81% meningkat sebesar 20,95%. Rata-rata aktivitas mental peserta didik pada siklus 1: 63,81% dan siklus II: 81.91% terjadi peningkatan 18,10%. Rata-rata aktivitas emosional peserta didik siklus 1: 63,81% siklus II: 83,17% meningkat sebesar 19,68%.Dari data yang diperoleh dapat simpulkan bahwa Metode Kerja Kelompok dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Tematik di kelas III Sekolah Dasar Swasta Santa Monika Kubu Raya. Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Metode Kerja Kelompok, Pembelajaran Tematik Abstract: This study aimed to describe the activities of learners in learning Thematic using group work in class III SD Santa Monika Sungai Raya. The method used in this research is descriptive method. Forms of research is classroom action research with the nature of the research. Data collection techniques used are direct observation techniques. This study was conducted II cycle. The average yield of physical activity of students in cycle 1: 62.86% and the second cycle: 83.81% increase of 20.95%. The average mental activity of students in cycle 1: 63.81% and the second cycle: an increase 81.91% 18.10%. On average emotional activity learners cycle 1: 63.81% second cycle: 83.17% increase of 19.68%. From the data obtained can be concluded that the method can improve the activity of the Working Group and the learning outcomes of students in learning in class III Thematic Private Elementary School Santa Monika Kubu Raya. Keywords: Activity Learning, Working Methods Group, Thematic Learning