KORELASI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS VIII SMPN 10 PONTIANAK

Main Authors: Fahturrahman, Barry, Asrori, M., Lestari, Sri
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2015
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/12526
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/12526/11369
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian Ini bertujuan untuk memperoleh informasi objektif tentang Korelasi Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Interaksi Sosial Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Pontianak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 10 tahun ajaran 2014/2015 yang pernah mengikuti layanan bimbingan kelompok. Hasil analisis data menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok siswa kelas VIII SMPN 10 Pontianak mencapai 68,51% termasuk dalam kategori baik. Sementara interaksi sosial siswa kelas VIII SMPN 10 Pontianak mencapai 77,63% termasuk dalam kategori baik. Hasil dari koreasi prodect moment kedua variabel didapat rhitung = 0,374 kemudian dibandingkan dengan rtabel = 0,541 dengan demikian rhitung lebih besar dari rtabel yang artinya terdapat korelasi positif signifikan antara layanan bimbingan kelompok dengan interaksi sosial siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Pontianak. Kata Kunci : Layanan Bimbingan Kelompok, Interaksi Sosial Abstract: This study aimed to obtain information on Correlation Guidance Services Group With Social Interaction Grade VIII Junior High School 10 Pontianak. The method used in this research is descriptive method with quantitative approach. Population in this research is class VIII SMPN 10 2014/2015 academic year who had attended group counseling services. The result showed that group counseling service class VIII SMPN 10 Pontianak reached 68.51% is included in both categories. While the social interaction of students of class VIII SMPN 10 Pontianak reached 77.63% is included in both categories. Results of koreasi prodect moment both variables obtained rhitung = 0.374 then compared with rtabel = 0.541 thus rhitung greater than rtabel which means there is a significant positive correlation between the group counseling services with social interaction eighth grade students of Junior High School 10 Pontianak. Keywords: Tutoring Services Group, Social Interaction