PENINGKATAN AKTIVITAS PESERTA DIDIK MENGURUTKAN BILANGAN MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DI KELAS 1 SEKOLAH DASAR
Main Authors: | Khairina, ., Syukri, M., Sabri, Tahmid |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/12525 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/12525/11367 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Tujuan penelitian ini secara umum untuk mendapatkan informasi yang akurat untuk meningkatkan aktivitas peserta didik mengurutkan bilangan melalui pembelajaran kontekstual di kelas I Sekolah Dasar Negeri 42 Pontianak Kota. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Terdapat peningkatan aktivitas peserta didik pada siklus I yaitu 56,66% meningkat menjadi 70,27% pada siklus II dan kemudian meningkat menjadi 85,27% pada siklus III. Selisih peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 13,61% kemudian selisih peningkatan dari siklus II ke siklus III sebesar 15,00%. Dengan demikian skor rata-rata aktivitas peserta didik pada siklus I dikategorikan sedang, pada siklus II dikategorikan tinggi dan kemudian pada siklus III dikategorikan sangat tinggi. Kata Kunci: Aktivitas, Pembelajaran Kontekstual, Mengurutkan Bilangan Abstract: The aim of this study is generally to get accurate information to improve students activities sort numbers by contextual learning in class I elementary school 42 Pontianak. The method used is descriptive method. There is increased activity at first cycle is 56,66%, increased to 70,27% in the second cycle and then increased to 85,27% in the third cycle. Difference improvement from the first cycle to the second cycle of 13,61% then the difference increased from the second cycle to third cycle of 15,00%. Therefore the average score of students activities in the first cycle are categorized medium, in the second cycle are categorized high and then in the third cycle are categorized very high. Keywords: Activities, Contextual Learning, Sort Numbers