PERSEPSI SISWA TENTANG VARIASI GAYA MENGAJAR GURU SOSIOLOG DI SMA ISLAMIYAH PONTIANAK

Main Authors: Delima, ., ., Rustiyarso, Salim, Izhar
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2015
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/12463
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/12463/11325
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/12463/11326
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa tentang variasi mengajar guru sosiologi dikelas XII IPS SMA Islamiyah Pontianak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi,sedangkan alat pengumpulan data adalah menggunakan pedoman observasi,pedoman wawancara serta dokumtasi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variasi gaya mengajar yang diterapkan oleh guru mata pelajaran sosiologi secara umum masih kurang maksimal,pada variasi suara ada beberapa aspek masih kurang bisa dilaksanakan guru dengan maksimal,pada variasi penekanan (Focusing) secara keseluruhan telah mampu guru laksanakan dengan maksilma,pada variasi pemberian waktu (Pausing) secara umum masih kurang bisa dilaksanakan guru dengan maksimal,selanjutnya pada variasi kontak pandang,guru telah melaksanakan dengan baik pada satu aspek,namun aspek lainnya masih kurang maksimal,pada variasi gerakan anggota badan (Gesturing) belum mampu guru laksanakan dengan maksimal dan pada variasi terkahir yakni variasi pindah posisi sudah bisa guru laksanakan dengan baik dan maksimal Kata Kunci : Persepsi Siswa, Variasi Gaya Mengajar Guru Abstract: This research goals to determine the perceptions of studens about the variety of teaching styles sociology teacher in class XII IPS SMA Islamiyah. The research form is qualitative with descriptive method. The technique used is observation, interview, and documentary study, while the instruments are observation guide, interview guide, and documentary.The result showed that variety of teaching styles employed by the sicilogical subjects in general is still less than maximum.at the sound variations there are some aspects still less can be carried out with maximum teacher,in the overall emphasis variations (Focusing) have been able to exute with maximum teacher,at the time variations (Pausing) of generally lacking can be carried out with maximum teacher,furthermore,the variations of eye contact with the teacher has done well in one aspect,but the other aspect is still lass than maximum,in the variation of movement of limbs (Gesturing) have not been able to execute with maximum teacher and in the last variation of the variation of moving the position can be implemented with good teachers and a maximum. Keywords : Perceptions of studens, variety of teaching styles