MENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR

Main Authors: Natalia, ., ., Kartono, Utami, Sri
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2015
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/12445
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/12445/11307
Daftar Isi:
  • Abstrak: Tujuan dalam penelitian adalah untuk menjabarkan bagaimana perencanaan, pelaksanaan, pembelajaran dengan metode eksperimen Teknik yang digunakan dalam penelitian ialah menggunakan instrumen observasi ini berupa lembar observasi yang menunjukkan adanya kegiatan siswa saat proses pembelajaran itu berlangsung. Lembar observasi ini terdiri dari 2 yaitu lembar observasi untuk guru dan lembar observasi untuk siswa. Serta instrumen tes yang gunakan untuk mengukur keberhasilan dalam kegiatan belajar yang di peroleh masing-masing siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Tes ini dilakukan setelah akhir pembelajaran dengan memberikan soal latihan atau berupa tanya jawab kepada siswa dan diukur dengan penentuan nilai atau skor yang didapat setiap siswa. Kesimpulan dari penelitian tindakan kelas, dengan menerapkan metode eksperimen ternyata setelah dilakukan penelitian tindakan kelas mengalami peningkatan (2) Hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas III Sekolah Dasar Negeri 2 Batu Buil Kabupaten Melawi dengan menerapkan metode eksperimen rata-rata mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 61,67% dan pada siklus II sebesar 78,73% serta setelah menggunakan metode eksperimen peningkatanya 16,66% dari siklus I. Kata Kunci: Metode Eksperimen, Pembelajaran IPA Abstract: Techniques used in the research is to use this observation instruments such as observation sheets that show the activities of students during the learning process that takes place. This observation sheet that consists of 2 pieces of observation to observation sheets for teachers and students. As well as test instruments used to measure success in learning activities that was obtained of each student during the learning process takes place. This test is performed after the end of the lesson by giving exercises or in the form of questions and answers to students and is measured by determining the value he scores every student. In conclusion this is a class action; (1) Planning and implementation of learning of Natural Sciences in Class III State Elementary School 2 Batu Buil Melawi by applying the experimental method turns after the classroom action research has increased (2) The results of student learning in the subjects of Natural Sciences in class III Elementary School School 2 Batu Buil Melawi by applying the experimental method the average increase of the first cycle of 61.67% and the second cycle of 78.73% and after using the experimental method peningkatanya 16.66% of the cycle I. Keywords: Experimental Methods, Learning Natural Sciences