PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MEDIA KONKRET DI KELAS III SEKOLAH DASAR

Main Authors: Jamsinah, ., ., Rosnita, ., Kaswari
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2015
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/12443
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/12443/11305
Daftar Isi:
  • Abstrak: Tujuan penelitian ini secara umum adalah mendiskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika dengan menggunakan media konkret di Kelas III Sekolah Dasar Negeri 05 Beloyang. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif, bentuk penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini terdiri dari 38 siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 05 Beloyang. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan guru dalam merencanakan pembelajaran pada Siklus I yaitu 3,22 menjadi 3,71 pada siklus II. Rata-rata kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran pada siklus I adalah 3,15 menjadi 3,67 pada siklus II. Kemampuan guru dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran mengalami peningkatan dari katagori baik pada siklus I menjadi sangat baik pada siklus II. Hasil belajar siswa rata-rata pada siklus I adalah 64,74 menjadi 80,13 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan hasil belajar matematika siswa menggunakan media konkret di kelas III Sekolah Dasar Negeri 05 Beloyang mengalami peningkatan yang sangat baik. Kata kunci : Media konkret, Matematika Abstract: The aim of this study is to describe the learning outcome of students in math by using concrete media in Class III State Elementary School 05 Beloyang. The method used is descriptive method, the form of research is classroom action research. The subjects of this study consisted of 38 students of class III State Elementary School 05 Beloyang. The results show the ability of teacher to plan learning in Cycle I is 3.22 to 3.71 in the second cycle. The average ability of teacher to carry out teaching in the first cycle was 3.15 to 3.67 in second cycle. The ability of teacher in planning and implementing the learning increased from good categories in the first cycle to be very good in the second cycle. Students learning outcomes on average in the first cycle was 64.74 into 80.13 in the second cycle. Based on the results of the study showed the results of students' mathematics learning using concrete media in class III State Elementary School 05 Beloyang has increased very well. Keywords: Results Learning, Media concrete, Mathematics