PENERAPAN MODEL KOOPERATIF DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

Main Authors: ., Darmiyati, ., Rosnita, ., Kaswari
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2015
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/12439
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/12439/11301
Daftar Isi:
  • Abstrak: Tujuan dari penelitian ini secara umum untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran ilmu pengetahuan alam di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 9 Bina Jaya. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Terdapat peningkatan kemampuan guru dalam menyusun perencanaan pembelajaran menggunakan model kooperatif yaitu 2,9 pada siklus I menjadi 3,9 Pada siklus II. Peningkatan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran dengan model kooperatif dari 2,9 pada siklus I menjadi 3,8 pada siklus II. Peningkatan kemampuan guru dalam menyusun dan melaksanakan pembelajaran menggunakan model kooperatif di katagori dari sedang menjadi sangat baik. Hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 47% meningkat menjadi 100% pada siklus II. Dengan demikian peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dikatagorikan sedang. Kata kunci: Hasil belajar, Model Kooperatif Abstract: The aim of this study is generally to improve student learning outcomes in natural science subjects in the fourth grade Elementary School 9 Bina Jaya. The method used is descriptive method. There is an increased ability of teachers to prepare lesson plans using the cooperative model which is 2.9 to 3.9 in the first cycle the second cycle. Improving the ability of teachers to implement cooperative learning model in the first cycle of 2.9 to 3.8 in the second cycle. Improving the ability of teachers to formulate and implement cooperative learning model in the category of being is very good. Student learning outcomes in the first cycle is 47% increasing to 100% in the second cycle. Thus the increase in the average student learning outcomes are being categorized. Keywords: Results of Study, The Cooperative Model