PENGARUH TEKNIK PERMAINAN BINGO PADA MATERI KONSEP MOL TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI DI SMA

Main Authors: Halifah, Sara Eva, Enawaty, Eny, Rasmawan, Rahmat
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2015
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/12432
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/12432/11296
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar siswa yang diberikan pembelajaran dengan teknik permainan bingo dengan siswa yang diberikan pembelajaran konvensional pada materi konsep mol, seberapa besar pengaruh permainan bingo terhadap hasil belajar dan ada tidaknya perbedaan motivasi siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen. Bentuk penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian “Nonequivalent control group design”. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 60 siswa. Uji hipotesis hasil belajar menggunakan U-Mann Whitney diperoleh Asymp. Sig. (2-tailed) 0,029 <0,05 sehingga Ho ditolak, hal ini menunjukkan perbedaan hasil belajar antara siswa kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Pembelajaran memberikan pengaruh terhadap hasil belajar sebesar 23,89%. Uji hipotesis motivasi menggunakan uji T menunjukkan perbedaan motivasi siswa antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kata kunci : hasil belajar, permainan bingo, motivasi Abstract: This study aims to determine differences of learning result between playing bingo and conventional learning in mole concept, the influences result of playing bingo toward learning result and differences of learning motivation between control and experiment class. The research method that used is a quasi-experimental and the research design that used is Nonequivalent control group design. The study sample that used is cluster random sampling with total 60 students. Hypothesis test of learning result used U-Mann Whitney were Asymp.Sig (2-tailed) 0,029 < 0,05 H0 denied. It showed that there was the differences of learning result between control and experiment class. The influences of learning result around 23,89%. Hypothesis test of learning motivation used T-test was shown that there was the differences of learning motivation between control and experiment class. Keywords : learning result, playing bingo, motivation