PENGARUH PENDEKATAN SOMATIS AUDITORI VISUAL INTELEKTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DI SEKOLAH DASAR

Main Authors: Sarjono, Yudhi Wahyu, ., Rosnita, Sabri, Tahmid
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2015
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/12429
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/12429/11294
Daftar Isi:
  • Abstrak: Pengaruh Penggunaan Pendekatan Somatis Auditori Visual Intelektual Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 13 Pontianak Utara. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pendekatan Somatis Auditori Visual Intelektual terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 13 Pontianak Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen jenis pre-exsperimental design dengan desain eksperimen one group pret-test post-test. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, hasil rata-rata pre-test 55,16 dan rata-rata post-test 72,00. Diperoleh thitung sebesar 9,16 dan ttabel (α = 5 %) sebesar 2,040 yang berarti thitung > ttabel (9,16 > 2,040), maka hipotesis diterima. Dan dari hasil perhitungan effect size (ES),diperoleh ES sebesar 1,71 dengan kriteria tergolong tinggi pada rentangan ES > 0,8 . Hal ini berarti penggunaan pendekatan Somatis Auditori Visual Intelektual memberikan pengaruh yang tinggi terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 13 Pontianak Utara. Kata Kunci : Pendekatan SAVI, Hasil Belajar, IPA Abstract: The effectiveness of Somatic Auditory Visual Intelectual approach to Science learning Outcomes in Grade IV Elementary School 13 North Pontianak. The purpose of this study was to identify the effect of Somatic Auditory Visual Intelectual approach to Science learning Outcomes in Grade IV Elementary School 13 North Pontianak. The method that used in this study is the experimental method. In this research the form used is a pre-experimental design with the design of one group pre-test post-test. Based on analysis of data obtained, the average results of pre-test is 55.16 and the average results of post-test is 72.00. Retrieved tcount 9.16 and ttable (α = 5%) is 2.040, which means tcount> ttable (9.16> 2.040), thus the hypothesis is accepted. And from the calculation of effect size (ES) ES obtained 1.71 with the criteria is high in the range of ES > 0.8. This means using Somatic Auditory Visual Intelectual approach gives a high effect on science learning outcomes in fourth grade students of Elementary School 13 North Pontianak. Keywords: SAVI approach, Results Learning, Science