PENINGKATAN AKTIVITAS MURID MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD MATA PELAJARAN IPA DI SD

Main Authors: Rusmitriyani, ., Sabri, Tahmid, ., M Syukri
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2015
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/12400
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/12400/11272
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Aktivitas belajar dengan menggunakan Cooperatif Learning Tipe STAD. Metode yang digunakan pada penelitian adalah metode diskriptif, jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dan sifat penelitian yaitu bersifat kolaboratif. Teknik pengumpul data yang digunakan yaitu Teknik observasi langsung. Penelitian ini dilaksanakan selama II, siklus dengan hasil yang diperoleh yaitu aktivitas belajar siklus I dengan rata – rata aktivitas fisik 86,66%, aktivitas mental 44,66%, aktifitas emosional 74,44%, dengan kategori kemampuan mengajar baik. Untuk siklus II, aktivitas fisik 91,10%, aktivitas mental 76,66%, aktivitas emosional 89,99%. Hasil belajar yang diperoleh murid mengalami peningkatan dari siklus I yaitu dengan rata-rata sebesar 77, 33, meningkat di siklus ke II menjadi sebesar 85,16. Dari data yang diperoleh dapat di simpulkan terjadi peningkatan Aktivitas belajar pada setiap siklus, pada akhir siklus Aktivitas belajar murid dikategorikan tinggi. Dengan demikian penelitian dengan menggunakan Tipe STAD dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan Aktivitas belajar murid kelas IV Sekolah Dasar Negeri 13 sungai Ambawang dan meningkatkan kemampuan guru dalam proses pembelajaran IPA. Kata kunci : Aktivitas belajar Tipe STAD Pembelajaran IPA. Abstract: This study aims to improve learning activities using cooperative learning STAD type. The method used in this research is descriptive method, the type of research is a classroom action research (Classroom Action Research) and the nature of research that is collaborative. Data collection techniques used are direct observation techniques. The research was conducted during the second cycle with the results obtained by the learning activity with a mean cycle I - 86.66% average physical activity, mental activity of 44.66%, 74.44% emotional activity, with good teaching skills category. For the second cycle, physical activity 91.10%, 76.66% mental activity, emotional activity of 89.99%. Student learning outcomes obtained an increase of the first cycle that with an average of 77, 33, increased in the second cycle to be at 85.16. From the data obtained it can be concluded increased learning activities in each cycle, at the end of the cycle of learning activities students categorized as high. Thus research using STAD type in science learning can improve student learning activity Public Elementary School fourth grade 13 Ambawang river and improve the ability of teachers in the process of learning science. Keywords: Learning activities Learning STAD type IPA.