IMPLEMENTASI NILAI DISIPLIN DALAM MENANGGULANGI KENAKALAN SISWA DI SMAN 5 PONTIANAK
Main Authors: | Wulandari, Ayuny, ., Sulistyarini, ., Supriadi |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/12398 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/12398/11271 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan komponen nilai disiplin dalam menanggulangi siswa yang melakukan perilaku kenakalan di SMAN 5 Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Informan penelitian ini adalah 6 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi nilai disiplin yang diterapkan oleh SMAN 5 Pontianak dilakukan dengan penerapan tiga komponen nilai disiplin yang dalam proses pelaksanaannya mencakup tindakan preventif dan represif dalam menanggulangi kenakalan siswa. Adapun komponen tersebut yaitu penerapan aturan sebagai upaya preventif dengan melakukan penyusunan tata tertib dan sosialisasi tata tertib melalui pembinaan wali kelas, MOS (Masa Orientasi Siswa), dan adanya tulisan maupun gambar tata tertib yang ditempelkan di setiap kelas. Penerapan hukuman sebagai upaya represif yang dilakukan dengan teguran, peringatan lisan dan tulisan (SP), skorsing, home visit dan pengembalian kepada orang tua. Serta Penerapan penghargaan yang diberikan pihak sekolah berupa kata-kata lisan seperti pujian, uplouse dan ucapan selamat, dan penghargaan berupa benda dalam bentuk sertifikat diberikan setiap akhir tahun pelajaran kepada siswa yang terpilih sebagai siswa disiplin. Kata kunci : Nilai Disiplin, Kenakalan Siswa Abstract: The purpose of this research is to know the implementation of the value of discipline in tackling delinquency students in SMAN 5 Pontianak. The method used is descriptive qualitative data collection techniques are observation, interviews ,and documentation study. The informants are 6 people. The result of this research shows that the implementation of the value of the discipline imposed by SMAN 5 Pontianak done with the application of the three components in the implementation process includes preventive and repressive measures in tackling delinquency students. As for these components, namely the application of the rules as preventive efforts by conducting the preparation of discipline and socialization order through coaching homeroom, MOS (Student Orientation), and provide pictures of rules in the school an every classroom. The application of penalties as repressive efforts undertaken by reprimand, verbal and written warnings (SP), suspension, home visit and return to parents. As well as the adoption of the award is more often given the schools in the form of words of praise, applause and congratulations, and the award of the objects in the form of a certificate awarded each end of the school year to students chosen as student discipline. Keywords: Value Discipline, Student Delinquency