PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS NEGOSIASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL JIGSAW PADA SISWA SMA

Main Authors: Kurbani, Syarifah, Sulissiawan, Ahadi, ., Syambasril
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2015
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/12377
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/12377/11263
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk “Peningkatkan kemampuan menulis teks negosiasi dengan menggunakan model jigsaw. Pada siswa kelas X IIS 2 SMA Negeri 6 Pontianak. Metode yang digunakan adalah deskriptif, bentuk kualitatif. Rancangan penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui dua tahap yaitu siklus I dn siklus II terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, refleksi dan observasi sumber data dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dan siswa kelas X IIS 2, data yang diambil melalui observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukan peningkatan dalam proses pembelajaran dengan menggunakan model jigsaw dapat meningkatkan minat dan keaktifan siswa dalam pembelajaran menulis. Selain itu hasil belajaran siswa meningkat secara signifikan. Nilai rata-rata siklus I yaitu 70,96% dan siklus II yaitu 79,35% mengalami peningkatan sebesar 8.39%. Berdasarkan hasil penelitian. Penelitian menyimpulkan bahwa pembelajaran menulis teks negosiasi menggunakan model jigsaw sangat tepat dan berhasil dengan model tersebut dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IIS 2 SMA Negeri 6 Pontianak. Kata kunci : Menulis, Teks Negosiasi, Jigsaw. Abstract: The objective of this research is to improve the student writing skill in negotiation text the though jigsaw model to the students of SMA Negeri 6 Pontianak. research methodology that will be used is Descriptive, in Qualitative Form. The research design is Classroom Action Research. Classroom Action Research used in two phase, first cycle and second cycle that consist of planning, action, reflecting and observation. Data source of this research comes from Bahasa Indonesia Teacher and students of X IIS 2, the data is taken by doing observation and test. Research finding shows that there is improvement in the learning process through the use of Jigsaw model. It can increase the interest and active learning of students writing in learning process. Beside of that, students result is significantly increasing. The average score in the first cycle is 70,96% and 79,35% for second cycle, it increases 8.39%. Based on the research finding. Researcher conclude that the writing learning process of negotiating text through the use of Jigsaw model is really suitable and success. The use of jigsaw can increase learning result of the students in X IIS 2 SMA Negeri 6 Pontianak. Keywords: Writing , Negotiation Text, Jigsaw.