REMEDIASI MISKONSEPSI SISWA PADA FLUIDA STATIS MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN PREDICT, OBSERVE, DAN EXPLAIN DI SMA
Main Authors: | Harniyati, Mantari, Mursyid, Syukran, Oktavianty, Erwina |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/12293 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/12293/11212 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menurunkan miskonsepsi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Selimbau pada materi fluida statis dengan menggunakan pembelajaran predict, observe, dan explain (POE) dalam meremediasi miskonsepsi. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-exsperimental design dengan rancangan one-group pretest-posttest design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh dengan melibatkan 20 orang siswa kelas XI IPA. Hasil penelitian menunjukan penurunan rata-rata persentase miskonsepsi siswa sebesar 44,5% siswa. Remediasi miskonsepsi siswa menggunakan pembelajaran predict, observe, dan explain (POE) efektif untuk menurunkan miskonsepsi siswa sebesar 0,57 (kategori sedang). Dengan demikian, penelitian ini diharapkan dapat digunakan oleh guru sebagai alternative untuk meminimalkan miskonsepsi siswa dalam memahami fluida statis. Kata Kunci: Remediasi, Miskonsepsi, POE Abstract: The aims of this study is to reduce misconceptions students of class XI IPA SMAN 1 Selimbau the static fluid material using Predict, Observe, and explain (POE) learning to remediate misconceptions. The method used is pre-exsperimental design with a one-group pretest-posttest design. The sample used in this study using saturated sampling technique, involving 20 students of class XI IPA. The results showed a decrease in the average percentage of 44,5% student misconceptions students. Remediation of misconceptions students use learning Predict, Observe, and explain (POE) was effective reducing misconceptions students by 0.57 (medium category). Thus, this research can be used by teachers as an alternative to minimize misconceptions students in understanding the static fluid. Keywords: Remediation, misconceptions, POE