PENGENALAN ANGKA MELALUI PERMAINAN DADU DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN

Main Authors: Melania, ., Suib, Masluyah, Yuniarni, Desni
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2015
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/12238
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/12238/11206
Daftar Isi:
  • Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengenalan angka melalui permainan dadu dalam pembelajaran matematika pada anak usia 5-6 tahun di TK Swasta Katolik Karya Yosef Pontianak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, dokumentasi dengan alat pengumpulan data yaitu panduan wawancara, observasi, dokumentasi dan catatan lapangan. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa pembuatan perencanaan pembelajaran menggunakan PERMEN No.58 Tahun 2009 sebagai acuan yang disesuaikan dengan kurikulum yang telah dibuat sekolah. Pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan melibatkan anak secara langsung dalam permainan dadu, cara mengevaluasi anak guru menanyakan kembali pembelajaran yang telah anak pelajari, respon anak dalam pembelajaran ketika diajak belajar sambil bermain dadu anak merasa sangat senang. Kata Kunci : Pengenalan Angka, Permainan Dadu, Anak Usia Dini. Abstract : This research is to describe the introduction of numbers using the dice games during the mathematics lesson for children age 5-6 years old in Karya Yosef Kindergarten. Method used in this research is descriptive method and by doing. The technic that is used in this research is observation technic, interview, documentation by data collecting tools interview guides, observation, documentation, and field notes. This research retrieved that the contrive of the lesson plan is based on PERMEN No.58 year 2009 as the adjusted reference of the school curriculum. The implementation of study for this dice games directly involved the students, teacher then evaluated the students by asking about what they have learnt today, students’ responds of this games are exemplary because they like it. Keywords : Introduction of Numbers, Dice Games, Early Chikldhood