ANALISIS PENULISAN RESENSI ARTIKEL SISWA KELAS XII IPA 2 SMAN 9 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Main Authors: Daniati, ., Salem, Laurensius, ., Syambasril
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2015
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/12226
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/12226/11198
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penulisan resensi pada siswa kelas XII IPA 2 SMA Negeri 9 Pontianak tahun pelajaran 2015/2016. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan bentuk penelitian kualitatif. Sumber datanya adalah siswa kelas XII IPA 2 SMAN 9 Pontianak tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 25 siswa. Datanya adalah semua kata, frasa, dan kalimat yang terdapat dalam penulisan resensi siswa kelas XII IPA 2 SMAN 9 Pontianak tahun pelajaran 2015/2016. Hasil analisis (1) penggunaan sitematika resensi tergolong kurang baik dengan persentase 49%; (2) penulisan isi artikel tergolong kurang baik dengan persentase 57,6%; hasil belajar siswa menulis resensi tidak mencapai ketuntasan. (3) penggunaan ejaan yang disempurnakan tergolong sangat baik dengan persentase 89,68%; (4) penggunaan diksi tergolong sangat baik dengan persentase 91,45%; dan (5) penggunaan kalimat efektif tergolong cukup baik dengan persentase 70,24%. Kata kunci: analisis, penulisan, resensi, artikel Abstrack: This research aims to describe process of writing book review in SMA Negeri 9 Pontianak, class XII IPA 2, academic year 2015/2016. The method used in this research is descriptive method with a form of qualitative research. The data in this words, phrases, and sentences contained in the process of writing book review in SMA Negeri 9 Pontianak, class XII IPA 2, academic year 2015/2016. The result the analysis process of writing book review (1) The use of systematic in writing book review is categorized as not really good, with the precentage 47 %, (2) The writing article which was being reviewcd is categorized as good enogh, with the precentage 57,6%, the result of students’ writing in reviewing book is not reach the standard score, (3) The use of Indonesian right spelling is categorized as very good, with the precentage 89,68%, (4) The use of diction is categorized as very good, with the precentage 91,45%, and (5) The effective sentences’ usage is categorized as good enough, with the precentage 70,24%. Keywords: analysis, process of writing, book review, article