ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR LATERAL SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN-ENDED DI SMPN 10 PONTIANAK
Main Authors: | Pramita, Dewi, Nursangaji, Asep, ., Hamdani |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/11885 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/11885/11088 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang kemampuan berpikir lateral siswa pada saat menyelesaikan soal matematika open-ended pada materi bangun datar di kelas VIII E SMPN 10 Pontianak ditinjau dari tingkat kemampuan dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 34 siswa di kelas VIII E dan telah mempelajari materi bangun datar serta masih terdaftar pada tahun pelajaran 2014/2015. Berpikir lateral memiliki tiga aspek yaitu: mengembangkan pola-pola alternatif, bermain-main dengan gagasan dan menggunakan informasi sebagai rangsangan agar dapat menghasilkan pembuatan pola kembali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata untuk aspek mengembangkan pola-pola alternatif adalah 78,84, aspek bermain-main dengan gagasan adalah 36 dan aspek menggunakan informasi agar dapat menghasilkan pembuatan pola kembali adalah 42,75. Dari hasil ketiga aspek berpikir lateral diperoleh nilai rata-rata 58,09. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir lateral siswa kelas VIII E SMPN 10 Pontianak dikategorikan cukup baik. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Lateral, Soal Open-Ended Abstract: This research aimed to describe the students’ ability to think laterally when solve problems of mathematics open-ended on the plane material in SMPN 10 Pontianak class VIII E terms of basic skills’ level. The research method used in this research is descriptive qualitative research method. The subjects in this research were 34 students in class VIII E and have studied the the plane material and still enrolled in the academic year 2014/2015. Lateral thinking has three aspects: developing alternative patterns, playing with the idea and use the information as a stimulation in order to produce returning pattern. The results showed that the average value for the aspect of developing alternative patterns is 78.84, aspect of playing with the idea is 36 and aspect of using the information as a stimulation in order to produce returning pattern is 42.75. The third aspect of lateral thinking result obtained average value of 58.09. Therefore, the ability of think laterally VIII E grade students of SMPN 10 Pontianak catagorized quite good. Keywords: Lateral Thinking’s Ability, Open-Ended Problem