PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGEMBANGKAN PARAGRAF DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS V
Main Authors: | Idayana, ., Syam, Christanto, ., Martono |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/11884 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/11884/11087 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Tujuan Penelitian untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengembangkan paragraf. Penelitian ini merupakan peneltian kualitatif. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak tiga siklus. Pada siklus I terjadi peningkatan keterampilan siswa dalam mengembangkan paragraf. Presentasi siswa yang menggunakan transisi adalah 23,33%, menggunakan kalimat topik 63,33, menggunakan kalimat pengembang 36,6. Kalimat penegas sebesar 13,33%. Pada siklus II peningkatan pada transisi 80%, kalimat topik 83,33, kalimat pengembang 60% dan kalimat penegas 60%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam mengembangkan paragraf meningkat, terutama pada siklus III Jadi kesimpulannya bahwa mengajar dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan pemahaman siswa untuk pembelajaran mengarang. Kata Kunci : Kemampuan, mengembangkan, paragraf model picture Abstrak: Objective to improve students' ability to develop paragraphs. This study is a qualitative course of a study. The study design used is classroom action research conducted three cycles. In the first cycle an increase students' skills in developing paragraph. Presentation of students who use the transition is 23.33%, 63.33 using a topic sentence, using the phrase developers 36.6. Confirmation sentence of 13.33%. In the second cycle 80% increase on the transition, 83.33 topic sentence, phrase and sentence developers 60% 60% confirmation. The results showed that the ability of students to develop increasing paragraphs, especially on the third cycle.. So the conclusion that teaching using learning model picture and picture can enhance students' understanding of the learning fabricate. Keyword : Ability , developing , paragraph picture models