KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU
Main Authors: | Fatinam, ., ., Aswandi, ., Masluyah |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/11689 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/11689/10983 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Kepemimpinan transformasional dapat diartikan sebagai proses untuk merubah dan mentransformasikan individu agar mau berubah dan meningkatkan dirinya, yang didalamnya melibatkan motif dan pemenuhan kebutuhan serta penghargaan terhadap para bawahan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif jenis studi kasus, sumber data yaitu, kepala sekolah sebagai key informan yang didukung dengan sumber lainnya, Dari penelitian ini disimpulkan: (1) Implementasi unsur kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru pada SD Negeri 71 kecamatan Pontianak Barat dilaksanakan dengan memberikan pengaruh, mendorong, membimbing terhadap guru, (2) Strategi kepala SD Negeri 71 kecamatan Pontianak Barat dalam meningkatkan profesionalisme guru, adalah dengan melakukan kegiatan yang mengarah pada pembinaan guru berkualitas. (3) Faktor-faktor yang mendukung kepala sekolah dalam peningkatan profesionalisme guru adalah dengan adanya peningkatan kesejahteraan guru. (4) Faktor-faktor yang menghambat kepala sekolah dalam peningkatan profesionalisme guru. Kata Kunci: Kepemimpinan Transformasional, Profesionalisme Guru. Abstract: Transformational leadership can be defined as process for changing and transforming an individual in order to changing and self improving, it includes motive and the need of self fulfillment and also award to the staff. Study as research approach, the sources of data is school principal as key informant which support by the other sources. (1) the implementation elements of transformational leadership for Increasing Teacher Professionalism in SD Negeri 71 West Pontianak by giving influence to motivate, to guide. (2) Strategy Leadership for Increasing Teacher Professionalism in SD Negeri 71 West Pontianak. the principal as a leader should doing the activities that direct to the qualified teacher coaching, (3) The other factors for encouraging the principal to increase the teacher professionalism are improving the welfare of teacher. (4) The factors that inhibiting the principal in increasing the teacher professionalism are lack of awareness from the educators and educational staff for optimize the tasks and responsibilities. Keywords: Transformational Leadership,Teacher Professionalism.