INTERAKSI EDUKATIF GURU DAN SISWA DALAM DISKUSI KELOMPOK KECIL DI SMA ISLAMIYAH
Main Authors: | Santika, Eva, Budjang, Gusti, Salim, Izhar |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/11595 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/11595/10926 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi guru dan siswa dalam mempersiapkan langkah-langkah yang harus dilakukan dalam diskusi kelompok kecil, interaksi guru dan siswa saat melaksanakan diskusi kelompok kecil, dan interaksi guru dan siswa dalam menutup diskusi kelompok kecil di kelas XA SMA Islamiyah Pontianak. Dalam penelitian ini bentuk yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi, sedangkan alat pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisi dalam penelitian ini disajikan secara deskriptif kualitatif dengan menggunakan informan sebanyak 6 orang yang terdiri dari 1 guru sosiologi dan 5 orang siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa interaksi guru dan siswa pada saat mempersiapkan, melaksanakan dan menutup diskusi kelompok kecil pada mata pelajaran sosiologi cukup baik. Hasil observasi dan wawancara membuktikan bahwa masih adanya siswa yang berinteraksi kurang baik dengan guru pada saat mempersiapkan, melaksanakan, dan menutup diskusi kelompok kecil karena masih adanya siswa yang bermain HP dan asik berbicara sama teman sebangkunya pada saat guru mempersiapkan langkah-langkah diskusi kelompok kecil di kelas XA SMA Islamiyah Pontianak. Kata kunci : Interaksi Edukatif, Diskusi Kelompok Kecil Abstract: This study aims to determine the interaction of teachers and students in preparing for the steps that must be done in small group discussions, interaction of teachers and students while conducting small group discussions, and the interaction of teachers and students in closing the small group discussions in class XA SMA Islamiyah Pontianak , In this study, the form used is qualitative descriptive method. With the data collection techniques used are observation, interview and documentation study, while data collection tools are observation, interview, and documentation. The analyzes in this study are presented in descriptive qualitative by using informant as much as 6 people consisting of 1 sociology teacher and 5 students. The results showed that the interaction of teachers and students at the time of preparing, executing and closing the small group discussions on the subjects of sociology quite well. Observations and interviews demonstrate that there are still students who interact poorly with the teacher when preparing, executing, and closing the small group discussions because there are still students who play HP and cool to talk at a friend when teachers prepare steps small group discussions in XA classes SMA Islamiyah Pontianak. Keywords: Educational interaction, Small group discussions