REMEDIASI PESERTA DIDIK YANG TIDAK MEMAHAMI SOAL CERITA MATERI DINAMIKA FLUIDA MENGGUNAKAN STRATEGI POLYA DI SMA

Main Authors: Stella S, Maris, Sutrisno, Leo, TM, Haratua
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2015
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/11569
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/11569/10909
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk melatih peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 4 Pontianak menggunakan strategi pemecahan masalah menurut Polya Tahap 1 untuk mengatasi kesulitan memahami soal cerita pada materi dinamika fluida. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design dengan rancangan nonequivalent control group design yang dimodifikasi. Sebanyak 70 peserta didik yang terdiri dari kelas XI MIA 4 (kelas eksperimen) dan kelas XI MIA 5 (kelas kontrol) berpartisipasi dalam penelitian ini. Tes esai berbentuk soal cerita dengan koefisien reliabilitas 0,76 digunakan untuk mengetahui penurunan jumlah peserta didik yang tidak memahami isi soal cerita sebelum dan sesudah remediasi. Secara keseluruhan, Uji t-test menunjukkan tidak terjadi perbedaan signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan nilai p (0,642) > (0,05). Remediasi menggunakan strategi ini hanya memberikan peningkatan untuk soal pemahaman dan memberikan perubahan signifikan bagi kelompok siswa yang mempunyai nilai rata-rata rapor semester ganjil tinggi. Kata Kunci: Remediasi, Strategi Polya, Dinamika Fluida Abstract: This research aims to train Polya’s first step strategy to solve essay questions about fluid dynamic. The research method was quasi experimental by conducting nonequivalent control group design with modification. There were 70 students of 11th grade Natural Science of SMAN 4 Pontianak participated and were divided into the experimental class (11th grade of Natural Science 4-class) and the control class (11th grade of Natural Science 5-class). Two equivalent essay tests (r = 0.76) was administrated before and after the remediation. The T-test result showed that there weren’t significant change between control class and experimental with p (0.642) > (0.05). However, this remediation using this strategy was appropriate for high achiever students in physics. Kata Kunci: Remediation, Polya’s Strategy, Fluid Dynamic