REMEDIASI MISKONSEPSI SISWA TENTANG USAHA MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONSEPTUAL INTERAKTIF BERBANTUAN REFUTATION TEXT DI SMA
Main Authors: | Tajudin, ., Djudin, Tomo, Tiur Maria, Haratua |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/11411 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/11411/10816 |
Daftar Isi:
- Abstract: The aim of the research was to knowed effectiveness about the application of Interactive conceptual intruction assisted refutation text to remedial student misconceptions on work in SMA Negeri 1 Semparuk Grade XII. The method of the research was experimental with one group pretest-posttest design which is 28 students participated. The results of data analysis showed that student misconception reduction after remediation was as much as 31,79 %. Interactive conceptual intruction assisted refutation text effective to remedial student misconception on heat transfer with effect size Es = 2,48 (categorized was high). This research is expected to be used as an alternative remediation activities for students to be able overcome the misconceptions that experienced by students. Keywords: Remediation, Misconception, Interactive Conceptual Instruction, Refutation Text. Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan pendekatan konseptual interaktif berbantuan refutation text dalam meremediasi miskonsepsi siswa pada usaha di kelas XII SMA Negeri 1 Semparuk. Metode penelitian yang digunakan adalah ekperimen dengan rancangan One Group Pretest-Posttest Design dengan sampel penelitian berjumlah 28 siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat penurunan miskonsepsi siswa setelah diberikan remediasi sebesar 31,79%. Pendekatan konseptual interaktif dengan bantuan refutation text efektif untuk meremediasi miskonsepsi siswa pada usaha dengan effect size Es = 2,48 (kategori tinggi). Penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai alternatif kegiatan remediasi bagi siswa agar dapat mengatasi miskonsepsi yang dialami oleh siswa. Kata kunci : Remediasi, Miskonsepsi, Pendekatan Konseptual Interaktif, Refutation Text.