PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA DI SMA
Main Authors: | Shohibaini, Dzun Nuroini, ., Parijo, ., Warneri |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/11382 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/11382/10788 |
Daftar Isi:
- Abstrak : Penelitian bertujuan untuk mengetahui dan mendapatkan informasi mengenai penerapan model pembelajaran group investigation untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Mujahidin Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan bentuk quasi-experimental design. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses penerapan model pembelajaran group investigation di kelas eksperimen berjalan dengan baik dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan model konvensional. Siswa di kelas eksperimen yang memiliki nilai diatas KKM sebanyak 15 orang siswa dengan persentase 56% , sedangkan siswa yang memiliki nilai dibawah KKM sebanyak 12 orang siswa dengan persentase 44% dengan nilai rata-rata sebesar 75,19. Sedangkan siswa di kelas kontrol yang memiliki nilai diatas KKM sebanyak 5 orang siswa dengan persentase 18% sedangkan siswa yang nilainya dibawah KKM sebanyak 23 orang siswa dengan persentase 82% dengan nilai rata-rata sebesar 58,93. Data menunjukkan bahwa hasil belajar dengan penerapan model pembelajaran group investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Kata Kunci : Group Investigation, Hasil Belajar, Ekonomi Abstract : The research aims to identify and obtain information regarding the application of learning models group investigation to improve student learning outcomes on economic subjects XI IPS SMA Mujahidin Pontianak. The method used is the experimental method to form a quasi-experimental design. The results showed that the process of applying the group investigation model of learning in the classroom experiment goes well compared with the control class that uses the conventional model. Students in the experimental class that has a value above KKM many as 15 students with a percentage of 56%, while students who have grades below KKM as many as 12 students with a percentage of 44% with an average value of 75.19. While students in the control class that has a value above KKM much as 5 students with 18% while the percentage of students whose value under KKM as many as 23 students with a percentage of 82% with an average value of 58.93. From data learning outcomes with the application of investigation group learning model can improve student learning outcomes on economic subjects. Keyword : Group Investigation, Learning Outcomes, Economic