REMEDIASI MISKONSEPSI MEMBACA GRAFIK GERAK LURUS DENGAN PHYSICS EDUCATION TECHNOLOGY (PhET)
Main Authors: | Rizal, Andi Khairul, Tandililing, Edy, ., Hamdani |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/11334 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/11334/10746 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penurunan jumlah siswa yang mengalami miskonsepsi dalam membaca grafik pada materi gerak lurus setelah diremediasi dengan Physics Education Technology (PhET). Bentuk penelitian berupa pre-experimental design dengan rancangan One Group Pretest-Postest. Subjek penelitian terdiri dari 30 siswa kelas X yang dipilih dengan cara Sampling Purposive. Alat Pengumpul data berupa tes diagnostik berjumlah 9 soal dengan 3 alternatif pilihan ganda disertai alasan terbuka. Skor validitas dan reliabilitas yaitu 4 (= tinggi) dan 0,52 (= sedang). Berdasarkan hasil analisis data untuk seluruh konsep terjadi penurunan jumlah siswa yang mengalami miskonsepsi sebesar 52,22% dengan signifikansi penurunan berdasarkan uji McNemar yaitu (10,675) > (3,84) sehingga dapat dikatakan terjadi penurunan yang signifikan antara jumlah siswa yang miskonsepsi sebelum dan sesudah diremediasi. PhET efektif dalam meremediasi dengan nilai sebesar 0,673 (= sedang). Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan alternatif oleh guru untuk meremediasi miskonsepsi yang dialami siswa. Kata Kunci: Remediasi, PhET, Grafik, Gerak Lurus Abstract: The aim of this research is to acquire the number of student’s misconception about reading graph on straight motion after remediation with Physics Education Technology (PhET). The design of research is pre-experimental with one group pretest-postest. The subject consists of 30 students at X grade that chosen by the sampling purposive method. The Instrument consists 9 of diagnostic test with 3 multiple choice and open reasoning. The scores of validity and reliability of the test is 4 (high) and 0.52 (medium). The result shows the number of student’s misconception is 52.22% with significance of decrease by McNemar test is (10,675) > (3,84) so that it can be conclude the decrease the number of student’s misconception before and after remediation is significant. The effectiveness of remediation using PhET is 0.673 (medium). This research is expected to be an alternative for teachers to remediation about student’s misconception. Keywords: Remediation, PhET, Graph, Straight Motion