UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI LITERASI SAINS PADA PEMBELAJARAN LARUTAN ASAM BASA DI SMA

Main Authors: Sikon, Marinus, Enawaty, Eny, Lestari, Ira
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2015
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/11295
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/11295/10708
Daftar Isi:
  • Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Kristen Abdi Wacana Pontianak pada materi larutan asam basa melalui pembelajaran literasi sains. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Kristen Abdi Wacana Pontianak. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi, tes hasil belajar dan angket. Tindakan dalam penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa. Motivasi belajar siswa pada siklus 1 sebesar 77,88% dan siklus II sebesar 79,80%. Hasil belajar pada siklus I sebesar 61,53% dan pada siklus 2 sebesar 88,46%. Pembelajaran literasi sains dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Literasi sains, motivasi belajar, hasil belajar, larutan asam basa. Abstrak. The study aims to improve motivation and learning outcomes of eleven grade student of IPA Christian High School Abdi Wacana Pontianak on acid-base materials through science literacy learning. Form of research is classroom action research. The study subjects in the study were students of eleven grade of IPA Christian High School Abdi Wacana Pontianak. The instruments used in this study is observation sheet, achievement test and questionnaire. Action in the study was conducted in two cycles. Each cycle consists of plan, action, observation and reflection. The results showed as increase in motivation and student learning outcomes. Student motivation in first cycle was 77,88% and 79,80% for the second cycle. Result of study on the first cycle was 61,53% and in the second cycle was 88,46%. Science literacy learning can improve students motivation and learning outcomes. Keywords: Science Literacy, learning motivation, learning outcomes, acid-base solution.