RELEVANSI BUKU TEKS BAHASA INDONESIA EKSPRESI DIRI DAN AKADEMIK CETAKAN PERTAMA DENGAN KURIKULUM 2013
Main Authors: | Willy, ., ., Syambasril, Salem, Laurensius |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/11292 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/11292/10711 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengkritisi kelayakan isi dan kelayakan bahasa yang digunakan dalam buku teks ekspresi diri dan akademik kurikulum 2013. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dan berbentuk kualitatif. Hasil analisis data terhadap buku teks ekspresi diri dan akademik kurikulum 2013 menghasilkan suatu kesimpulan bahwa sebuah buku teks baik dari segi kelayakan isi maupun kelayakan bahasa yang dipergunakan harus memenuhi kriteria yang telah ditentukan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Aspek tersebut meliputi (1) kesesuaian materi dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar, (2) kesesuaian materi dengan kurikulum, (3) keakuratan materi, (4) kemutahiran materi, (5) mendorong keingintahuan, (6) substansi keilmuan dan life skill, (7) keberagaman nilai, (8) lugas, (9) komunikatif, dialogis dan interaktif, (10) kesesuaian dengan perkembangan peserta didik, (11) kesesuaian dengan kaidah bahasa Indonesia, dan (12) penggunaan istilah, simbol, dan ikon. Kata Kunci: Kelayakan Isi, Kelayakan Bahasa, Buku Teks. Abstract: This study is aims to scrutinize the feasibility of both contents and language used in textbooks “ekspresi diri dan akademik kurikulum, 2013”. The research was conducted using qualitative descriptive method. The Result of the data analysis of the text books “ekspresi diri dan akademik kurikulum, 2013”. resulted in a conclusion that a textbook in terms of both content and feasibility feasibility language used must meet the criteria set by the National Education Standards Agency (BSNP). These aspects include (1) the suitability of the material with core competence and basic competences, (2) the suitability of the material to the curriculum, (3) the accuracy of the material, (4) kemutahiran material, (5) to encourage curiosity, (6) the substance of science and life skills, (7) the diversity of values, (8) simple, (9) communicative, interactive dialogue, (10) compliance with the development of learners, (11) compliance with the rules of Indonesian, and (12) the use of terms, symbols, and icons. Keywords: Contents Feasibility, Feasibility Languages, Textbooks.