HUBUNGAN KEBIASAAN MEMBACA KARYA SASTRA DENGAN KEMAMPUAN SISWA MENGAPRESIASI CERPEN DI SMP

Main Authors: Dahlianti, Ninis Sukma, ., Syambasril, Ramdani, Deden
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2015
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/11288
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/11288/10704
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui hubungan kebiasaan membaca karya sastra dengan kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sungai Raya dalam mengapresiasi cerpen. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sungai Raya dengan jumlah 31 siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kebiasaan membaca karya sastra mencapai presentase 78,65% dengan kategori baik. Kemampuan siswa mengapresiasi cerpen mencapai presentase 52,38% dengan kategori kurang. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa hubungan kebiasaan membaca karya sastra dengan kemampuan siswa mengapresiasi cerpen memiliki hubungan yang sangat rendah. Kata Kunci: Kebiasaan Membaca, Apresiasi Cerpen Abstract: The aims of this study were to know the relation reading literature habits with student clas VIII Public Junior High School 1 Sungai Raya ability to appreciate short story. Descriptive method was used in this study with quantitave form. The samples of this study were the students of Junior High School 1 Sungai Raya class VIII with the number of student is 31 students. The result showed reading literature habits percentage reaches 78,65% with category good. Percentage to ability appreciate short story is 52,38% with category mediocore. Based on the result of analysis could be concluded that the relation the habits of reading literature with the ability to appreciate short story is very low relation. Keywords: Reading Habits, Apeciatte Storiette