PENGGUNAAN MODEL INQUIRY PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V
Main Authors: | F37011028, Susiana, ., Rosnita, ., Kaswari |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/11283 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/11283/10699 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/11283/pdf |
Daftar Isi:
- Abstrak: Masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Pengaruh Penggunaan Model Inquiry Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas V Sekolah Dasar Negeri 15 Pontianak Selatan?”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan bentuk Quasi Eksperimental Design, dengan pola x . Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif.Sampel penelitian ini adalah 20 orang siswa. Hasil analisis data diperoleh rata-rata pre-test sebesar 42,05 dan rata-rata post-test sebesar 69,8. Disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum menggunakan model inquiry dan sesudah menggunakan model inquiry. Dari hasil perhitung effect size (ES) diperoleh ES sebesar 2,04 (kriteria tinggi). Hal ini berarti penggunaan model inquiry pada pembelajaran IPA memberikan pengaruh yang tinggi terhadap hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 15 Pontianak Selatan. Kata kunci: Pengaruh, Model Inquiry, Hasil Belajar Abstract : The problem in this research is "How Influence of Inquiry Model Against Student Results In Natural Sciences Learning Class V State Elementary School 15 South Pontianak?". The method used in this study is an experiment with the form of Quasi Experimental Design , with patterns x . This type of research is quantitative . The sample was 20 students . Results of data analysis obtained an average pre -test of 42.05 and the average post-test of 69.8. Concluded that there is a difference in student learning outcomes before using the model of inquiry and after using the model of inquiry. From the results perhitung effect size ( ES ) is obtained ES of 2.04 ( height criteria ) . This means that the use of inquiry in science teaching models provide high impact on learning outcomes of fifth grade students of State Elementary School 15 South Pontianak . Keywords : Effect Model Inquiry, Learning Outcomes