DESKRIPSI KOMPETENSI KEAHLIAN DENGAN PENERAPAN MODEL DIRECT INSTRUCTION PADA PRAKTIKUM PEMISAHAN ALKOHOL DI SMK

Main Authors: Maulidi, Nashrul Sasmita, Harun, Andi Ifriani, Lestari, Ira
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2015
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/11215
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/11215/10645
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi keahlian siswa pada praktikum pemisahan alkohol setelah diterapkan model direct instruction kelas X Kimia Industri SMK-SMTI Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Sampel penelitian ini sebanyak 18 siswa, dengan penentuan sampel menggunakan cara purposive sampling. Kompetensi keahlian terdiri dari 5 kompetensi yaitu persiapan kerja, proses distilasi, hasil kerja (uji produk), post proses, dan laporan. Instrumen penelitian menggunakan lembar penilaian kompetensi keahlian. Hasil analisis data tiap kompetensi keahlian rata-rata persentase kompetensi siswa yang diperoleh adalah persiapan kerja 94,44% (kompeten), proses distilasi 88,89% (kompeten), hasil kerja (uji produk) 83,33% (kompeten), post proses 94,44% (kompeten), dan laporan 72,22% (kompeten). Kata kunci: Model Direct Instruction, Kompetensi Keahlian Abstract: This study aims to determine students' competency skills in practical separation of alcohol after be applicated direct instruction model of grade X Chemical Industry SMK-SMTI Pontianak. The method used is descriptive method. The sample as many as 18 students, using purposive sampling method. Competency skills consist of 5 competences that work preparation, process of distillation, work result (product testing), post-process, and reports. Instrument this study use competency skills assessment sheet. Results of the data analysis of each competency skills average percentage of students’ competency who obtained work preparation 94.44% (competent), 88.89% process of distillation (competent), work result (product testing) 83.33% (competent), post-process 94.44% (competent), and reports 72.22% (competent). Keywords: Direct Instruction Model, Competency Skill