PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V
Main Authors: | Permastya, Frienda Wimadwi, Margiati, K.Y., ., Nurhadi |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/11191 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/11191/10627 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika kelas V Sekolah Dasar Negeri 30 Pontianak Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Eksperimen dengan bentuk penelitian Quasi Eksperimen Design dengan rancangan penelitian nonequivalent control group design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VA yang berjumlah 20 orang dan kelas VB yang berjumlah 20 orang. Hasil analisis data, diperoleh rata–rata post-test pada kelas ekperimen diperoleh sebesar 78,5 sedangkan kelas kontrol sebesar 66. Hasil perhitungan effect size data hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh sebesar 0,79 diklasifikasikan dalam kategori sedang, yang berarti bahwa model PBL memberikan pengaruh yang sedang terhadap hasil belajar siswa dalam pelajaran Matematika di kelas V Sekolah Dasar Negeri 30 Pontianak Selatan. Kata kunci: Model Problem Based Learning, Hasil Belajar Abstract: This research aimed to analyze the influence of Problem Based Learning model towards the learning outcomes in Mathematics subject of fifth grade students of Sekolah Dasar Negeri 30 Pontianak Selatan. The method used in this study was Quasi Experiment Design research using nonequivalent control group design. The samples are 20 fifth grade students in Class VA. The results of the data analysis showed average obtained post-test in the experiment class was at 78,5 while the control class was 66. The results of the effect size data calculation from the both experimental and control classes were 0.79, which was classified medium; it means that the application of the Problem Based Learning model influenced the learning outcomes of students in the Mathematics subject of fifth grade students of Sekolah Dasar Negeri 30 Pontianak Selatan. Keywords: Problem Based Learning Model, Learning Outcomes